Selasa, 23 April 2013

Bahaya Bersin Jika Ditahan

 
Semua orang di dunia pernah mengalami bersin. Dan bersin adalah hal yang sangat wajar. 
Tapi, kadang Anda merasa harus menahan bersin ketika berada ditengah-tengah situasi formal. Jika begitu, sebaiknya Anda sedikit menjauh dan bersin ditempat lain. Mengapa?
Karena ternyata menahan bersin dapat membahayakan kesehatan Anda. 
Bersin merupakan kegiatan positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorokan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan ketika Anda menahannya, akan berbahaya dan bisa menimbulkan beberapa risiko. 
Ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan jika seseorang menahan bersin, yaitu: 
  1. Menyebabkan patah tulang pada tulang rawan hidung
  2. Mimisan
  3. Gendang telinga pecah
  4. Gangguan pendengaran
  5. Vertigo
  6. Retina yang lolos atau emfisema 
Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan tinggi saat bersin. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur di kepala. 
 
Tahukah Anda bahwa kecepatan bersin bisa mencapai 161 KM / Jam? Ketika Anda menahan bersin, Anda akan memaksa tubuh untuk menahan mendadak. Hal ini tentu akan mengganggu fungsi tubuh. Selain itu, kuman yang akan keluar mungkin malah kembali ke dalam tubuh. 
Bayangkan, ketika kita mengendarai motor dengan kecepatan tinggi dan kemudian mengerem tiba-tiba, setelah waktu yang lama harus ada bagian yang mengalami kerusakan. 
Namun walaupun begitu, Anda masih harus menjaga etika. Tutuplah mulut dan hidung ketika bersin menggunakan tangan, tisu atau sapu tangan, untuk menghindari mengganggu orang lain dan juga penyebaran penyakit kepada orang lain.

Warning !!
Komentar Anda Tidak Boleh Mengandung Unsur :
1.Penghinaan/Celaan
2.Komentar Spam
3.Link Anchor atau sejenisnya.

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak.