Senin, 22 April 2013

Cara Praktis Menghindari Cyber Crime


 
Menggunakan teknologi memang terasa sangat menguntungkan, apalagi jika Anda mempunyai aktivitas atau bisnis yang menggunakan internet sebagai tulang punggung. Data penting, billing statement, foto pribadi, catatan keuangan, hingga informasi pekerjaan berada di data atau email
yang Anda simpan di internet. Kumpulan informasi pribadi tersebut bisa saja dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
 
Survei yang dilakukan oleh Norton Cybercrime Report pada 2012 lalu menunjukkan bahwa 15% pengguna internet takut data penting yang dimiliki dibobol. ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bobolnya data pribadi Anda, berikut tipsnya.
 
1.Password
Ciptakan password yang kopleks dan rumit. Sebaiknya jangan gunakan nama atau tanggal lahir sebagai password, hal tersebut mudah untuk ditebak oleh pembobol. Gunakan password dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Gunakan juga password dalam bahasa yang mudah Anda ingat, namun kompleks untuk orang lain. Anda juga perlu untuk mengganti password secara berkala, misalnya tiga bulan sekali. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis akun, baik itu e-mail, maupun media sosial.
 
2.Periksa data secara kontinyu dan reguler
Saat ini, banyak data atau transaksi bank yang dikirimkan melalui e-mail. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda melakukan pengecekan transaksi secara berkala.
Hal ini dilakukan agar Anda bisa dengan cepat mengetahui apabila ada hal transaksi yang tidak wajar. Jika Anda menggunakan kartu kredit, Anda bisa langsung menghubungi pihak bank dan melakukan pemblokiran. Anda pun bisa mengajukan komplain ke pihak bank agar transaksi tersebut bisa dibatalkan. 
 
3.Hati-hati meng-klik link
Sadar atau tidak, banyak link yang dapat mengarahkan Anda ke situs phising. Situs tersebut sangat mirip dengan situs aslinya. Bedanya terletak di alamat situs. Sebagai contoh, terdapat situs dengan nama www.faceb00k.com. Situs semacam ini digunakan untuk mencuri username dan password dari korbannya. Jika Anda mendapatkan e-mail berisi link dari orang yang mencurigakan, sebaiknya Anda segera menghapus e-mail tersebut.
 
4.Terus meng-update antivirus
Antivirus saat ini tidak hanya berfungsi sebagai penghalau dan pembunuh program-program berbahaya. Antivirus juga dapat digunakan untuk melindungi Anda dalam kegiatan berinternet. Antivirus dapat memberitahukan apakah sebuah link dan situs berbahaya atau tidak.

Warning !!
Komentar Anda Tidak Boleh Mengandung Unsur :
1.Penghinaan/Celaan
2.Komentar Spam
3.Link Anchor atau sejenisnya.

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak.